Minggu, 20 Mei 2012

Teknik Mengetahui Pemahaman Awal Peserta Belajar Sekolah Lapang


Posting kedua...

Pengen membahas lebih lanjut posting pertama, khususnya tentang bagian pertama dari tiga bagian saat forum belajar sekolah lapang dilaksanakan...mungkin bagi sebagian orang posting saya terlihat terlalu teknis. Yah, memang teknis banget. Tetapi yang perlu dipahami bahwa yang teknis ini bila tidak dikelola secara baik akan berimbas tidak baik untuk forum belajar, peserta belajar bahkan fasilitator belajarnya. Yah, kesannya asal sekolah lapangnya terlaksana saja...

Sebelumnya saya ingin menyampaikan alasan kenapa bagian pertama ini selalu saya hadirkan saat saya memandu sekolah lapang. Sobat semua tentu sudah tau jawabannya. Yup! Tentunya kita ingin mengetahui pemahaman awal peserta belajar tentang materi khusus yang akan kita sampaikan. Sejauh mana mereka memahami tentang materi khusus yang akan kita sampaikan. Seumpama pemahaman peserta belajar dibuat interval 1 sampai 10 dan ternyata pemahaman awal di interval 4 ke bawah maka pada bagian materi khusus kita perlu menyampaikan banyak hal dan lebih detail. Sebaliknya jika pemahaman awal mereka sudah berada di interval 7 ke atas maka kita hanya memberikan penekanan pada bagian tertentu dari materi khusus yang belum peserta belajar fahami.

Berikut contoh bentuk-bentuk pengelolaan bagian pertama sekolah lapang yang bisa jadi inspirasi :
*  Mengetahui pemahaman awal tiap individu belajar tentang materi khusus.
Buat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan materi khusus dengan jawaban multiple choise. Nah, kita buat kotak sesuai jumlah jawaban multiple choise, misalnya jawaban multiple choisenya berupa a, b, c dan d maka kita buat 4 kotak jawaban. Mintalah setiap individu belajar memberikan jawaban di selembar kertas dan memasukan ke kotak jawaban yang dipilih. Kalau tidak mau repot menyediakan kotak jawaban bisa saja cukup dengan unjuk jari setiap pilihan jawaban dibacakan tetapi jangan lupa mencatat jumlah yang menjawab tiap pilihan dari multiple choisenya.
  
*  Jika yang ingin kita ketahui pemahaman awal dan kerjasama antar individu belajar tentang materi khusus maka kita buat kelompok belajar dahulu.
Buatlah daftar pertanyaan yang berhubungan dengan materi khusus. Pilihan jawabannya bisa multiple choise, ya/tidak, maupun essay...bisa juga gabungan ketiganya. Berikan waktu untuk bekerjasama menentukan jawaban. Presentasikan dan beri sedikit waktu untuk menanggapi dari kelompok belajar yang lain.

Nah, dari dua contoh di atas tentu kita bisa menarik kesimpulan tingkat pemahaman awal peserta belajar sekolah lapang kita pada interval keberapa?

Hal ini lebih memudahkan kita saat menyampaikan materi khusus. Perlu lebih detail, panjang  dan lebar materi khusus yang kita sampaikan atau cukup bagian-bagian tertentu yang perlu kita beri penekanan.

Teknis...tapi efektif dan efisien dalam pengelolaan sekolah lapang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar