Selasa, 15 Mei 2012

Panduan Mengelola Sekolah Lapang


Sebagai penyuluh pertanian kita tentu sudah tidak asing dengan sekolah lapang. Hampir tiap tahun paling tidak ada satu wilbin kita yang kejatahan sekolah lapang. Entah sekolah lapang PTT Padi, PTT jagung, PTT kacang tanah, SLPHT, SL Iklim atau bahkan SL pisang. Tidak ada salahnya saya berbagi dalam pengelolaan sekolah lapang yang selama ini saya kelola. Semoga dengan berbagi ada banyak manfaat yang kita peroleh...bisa jadi manfaat itu saya peroleh dari berbagi anda sebagai pembaca. Bolehkan saya berharap :  )

Baiklah kita mulai saja.

Kali ini saya fokus dalam Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT ) Padi.

Pertama, biasanya dimulai dengan musyawarah dengan peserta belajar tentang kontrak belajar. Hal-hal sepele tetapi perlu dibahas secara serius, misalnya saja mulai dan selesai jam belajar, berapa kali forum belajarnya, siapa penanggung jawab forum belajar, hak dan kewajiban peserta belajar, pembagian kelompok belajar, bahkan biasanya penentuan lokasi laboratorium lapangnya saya bahas di sini.

Kedua, melaksanakan forum belajar sesuai kesepakatan. Forum belajar ini tentu saja mengikuti kondisi tanaman padi di lapang, tepatnya di laboratorium lapang (LL). Rentang waktunya bisa empat bulan, tetapi forum belajarnya biasanya dua minggu sekali. Hal ini untuk menghindari kebosanan juga. Nah, disinilah yang memerlukan pengelolaan lebih sehingga forum belajar ini menjadi hidup, bahkan harapannya setelah forum belajar usai apa yang didapat di forum ini dapat diaplikasikan di lahan masing-masing peserta belajar. Ada bedanya sebelum dan sesudah sekolah lapang.

Satu kali forum belajar biasanya maksimal 2 jam. Waktu selama itu saya optimalkan menjadi 3 bagian.

Bagian pertamanya saya buka dengan tugas pengamatan dilapang (LL) dan mengerjakan tugas kelompok (sesuai pengamatan dan materi khusus) . Peserta belajar diberi jeda waktu untuk berdiskusi perkelompok belajar. Akhir bagian ini ditutup dengan presentasi dan diskusi semua kelompok belajar.

diskusi kelp 1...yang ini diskusinya serius
Berdiskusi secara serius
Kelompok belajar lain pun berdiskusi

Saatnya mempresentasikan hasil diskusi
Bertanya dan atau menanggapi presentasi


Bagian keduanya saya gunakan untuk permainan yang kita arahkan ke dinamika kelompok tani. Permainannya sederhana tetapi diharapkan dapat memberi pengaruh dalam jalannya kelompok tani.

Bagian ketiga dan terakhir adalah materi khusus. Materi khususnya menjawab tugas yang sudah diberikan. Apabila peserta belajar sudah sesuai anjuran maka sepatutnya kita berikan apresiasi.

Selamat mengelola sekolah lapang di masing-masing wilbin.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar